RPP BAHASA INGGRIS, Topic discribing People



anthor5177

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Topic: DESCRIBING PEOPLE (Physical Appearance and Professions)

Nama Sekolah           : SMK PGRI 2 Ponorogo
Mata Pelajaran           : BAHASA INGGRIS
Kelas / Semester        : X TKR 5/ I
Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit
Pertemuan Ke            : I

A.    Kompetensi Isi
Kode
Kompetensi Inti
1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam interaksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, b udaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradapan terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
Kode
Kompetensi Dasar
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2
Menunjukkan perilaku jujur, disipli, percaya diri dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3
Menunjukkan perilaku jujur, disipli, percaya diri dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman dalam melaksanakan kominikasi fungsional.
3.1
Menganalisis funsi soaial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks pemaparan jatu diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
Kode
                         Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1
Kata-kata yang mendescripsikan orang yang terkait dengan profesi kebangsaan, ciri-ciri, kualitas dan aktifitasnya disebutkan dengan tepat dekaitkan dengan masalah lingkungan hidup.

D.    Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah proses pembelajaran diharapkan:
1.      Siswa  mampu membaca isi teks dengan lengkap.
2.      Siswa mampu mengungkapkan isi yang terkandung dalam teks.
3.      Siswa mampu mempresentasikan isi masing-masing teks kepada kelompok lain.



E.     Materi Pembelajaran
ü Physical Appearance
      Here some words, expressions and structures used to describe people’s appearances.
*
Hair
: long, medium-length, short; straight, curly, wavy; blonde, fair, dark, brown, black, red, gray, going gray, white; thinning.
*
Eyes
: Green, blue, brown, greenish-blue, gray.
*
Nose
: long, pointed
*
Mouth
: Wide, generous; thin lips, full lips.
*
Chin
: Pointed, firm, weak.
*
Face
: Oval, round, long; high cheekbones.
*
Forehead
: High, low.
*
Ears
: Big, small.
*
Shoulders
: Broad, narrow.
*
Build
: thin, slender, muscular, heavily built, plump, overweigh, fat.
*
Height
: Tall, of medium height, short.
*
Age
: young, middle age, elderly, old
*
Personality traits
: serious, cheerful, worried, friendly
*
General appearance
: good-looking, pretty, beautiful, attractive, plain; well- dressed, casually dressed.

F.     Metode Pembelajaran
Model pembelajaran    : Active Learning
Metode                        : Jigsaw Method

G.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
a.      Kegiatan pendahuluan
1.      Berdo’a
2.      Memeriksa kehadiran siswa
3.      Mereview materi pembelajaran yang lalu
4.      Apersepsi
b.      Kegiatan inti
·         Mengamati
1.      Siswa memperhatikan teks bergambar yang diberikan oleh guru kepada masing-masing kelompok.
2.      Siswa mengamati ciri-ciri teks berdasarkan gambar yang diberikan oleh guru kepada masing-masing kelompok.
·         Menanya
1.      Guru mempersilahkan siswa memberikan beberapa pertanyaan terkait dengan  penjelasan guru tersebut.
2.      Guru memberikan pertanyaan kepada siswa beberapa pertanyaan tentang materi yang baru saja disampaikan. (apabila tidak ada yang menanya)
·         Menalar
1.      Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok.
2.      Guru memberikan teks bergambar yang berbeda kepada masing-masing kelompok.
3.      Guru meminta siswa untuk memahami isi dari teks
·         Mencoba
1.      Guru mengaplikasikan metode jigsaw.
2.      Guru meminta siswa untuk menjelaskan masing-masing teks yang telah di baca kepada kelompoknya.
3.      Guru memberikan worksheet kepada siswa mengetai teks yang telah di baca sebelumnya.
4.      Siswa mencoba menjawab pertanyaan dalam worksheet yang di berikan olek guru.
·         Mengkomunikasikan
1.      Masing-masing kelompok menunjuk salah satu siswa dari kelompoknya untuk menulis jawaban soal dipapan tulis kemudian lembar jawaban di tukar dengan kelompok lain.
2.      Guru dan siswa bersama-sama mengevaluasi hasil kerja masing-masing kelompok.
3.      Tiap-tiap kelompok menjumlah nilai dari kebenaran jawaban soal kelompok yang lain.
4.      Kelompok yang mempunyai nilai paling sedikit akan mendapatkan hukuman dari kelompok yang mempunyai nilai paling banyak.

c.       Kegiatan penutup
·         Siswa dan guru menyimpulkan tentang describing people.
·         Guru mengakhiri pembelajaran
·         Ber’doa

H.    Alat/ Bahan/ Sumber Belajar
1.
Alat/ Media
: Gambar
2.
Sumber
: Sutinah, Entin. 2010. Get along with English.          Bandung: Erlangga

I.       Penilaian
a.      Penilaian Proses
No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
Pengamatan
Proses
Lembar Pengamatan
1.
Rasa Ingin Tahu




2.
Mandiri




3.
Kerja Kerja




4.
Komunikatif




5.
Tanggung Jawab









b.      Penilaian Hasil
Indicator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrument
Kata-kata yang mendescripsikan orang yang terkait dengan profesi kebangsaan, ciri-ciri, kualitas dan aktifitasnya disebutkan dengan tepat dekaitkan dengan masalah lingkungan hidup.
Tes
Tes Tulis
·     Read the text.
·     Answer the question based on the text.

c.       Pedoman Penskoran
No.
True and false
Skor
Taks  
Jawaban benar
Jawaban salah
1
0
Skor maksimal       : 10
Nilai : Skor yang diperoleh x 100
                Skor maksimal

PEDOMAN PENILAIAN READING
No.
Criteria
Aspek yang di nilai
Intonasi
Pengucapan
Kelancaran
Ketepatan
1
Sangat baik
20
25
25
30
2
Baik
15
20
20
25
3
Cukup
10
15
15
20
4
Kurang baik
5
10
10
15


Score Classification
10 – 40      = very low
41 - 60       = low
61 - 80       = medium
81 - 100     = good


Ponorogo, 19 Oktober 2018

Guru Pamong
Nama Mahasiswa







Fariz Fuad Zubaidah, S. Pd
Siti Nurul Khotimah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel