RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMK Bahasa Inggris
Thursday, March 7, 2019
anthor5177 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMK PGRI 2 Ponorogo
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Smt : XII TSM 2 / Gasal
Pertemuan Ke- : 1
I.
Standart
Kompetensi
Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Intermediate
II.
Kompetensi
Dasar
Memahami surat-surat bisnis sederhana
III.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Pertanyaan
yang terkait dengan isi surat-surat bisnis dijawab dengan benar.
IV.
Tujuan
Pembelajaran
Pada
saat dan diakhir pelajaran diharapkan:
ü Siswa mampu menyebutkan komponen-komponen penulisan surat bisnis.
ü Siswa mampu membuat surat bisnis.
V.
Materi
Pembelajaran
ü Letter
Ø Kinds of letter:
·
Memo
·
Letter
of personal apology
·
Request
for documentation of invoice
·
Application
letter
·
Resume
Ø Components of letter
·
Return
Address
·
Date
·
Reference
Line
·
Special
mailing notations
·
On-arrival
notations
·
Inside
address
·
Attention
line
·
Salutation
·
Subject
line
·
Body
·
Complimentary
close
·
Signature
block
·
Identification
initials
·
Enclosure
notation
·
Cc
VI.
Metode
Pembelajaran
ü Approach :
Contextual Teaching Learning
ü Model Pembelajaran :
Group Discussion
ü Media Pembelajaran :
Picture
VII.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
A.
Kegiatan
Awal
1.
Memberi
Salam
2.
Berdo’a
3.
Memeriksa
Presensi
4.
Apersepsi
5.
Menyampaikan
Tujuan Pembelajaran
|
10 menit
|
B.
Kegiatan
Inti
Ø Eksplorasi
Guru
menjelaskan materi mengenai surat-surat bisnis sederhana kepada siswa.
Guru
memberikan contoh format penulisan surat bisnis sederhana.
Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan yang mereka belum
pahami mengenai materi yang telah dijelaskan.
Ø Elaborasi
·
Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
·
Guru
meminta masing-masing kelompok untuk membuat surat bisnis sederhana.
Ø Konfirmasi
·
Guru
meminta siswa untuk mengumpulkan hasil diskusi kelompok
·
Guru
memberikan kesimpulan akhir mengenai surat-surat bisnis sederhana.
|
75 menit
|
C.
Kegiatan
Akhir
1.
Guru
Memberikan Motivasi
2.
Do’a
Penutup
3.
Mengakhiri
Pelajaran dengan Salam
|
5 menit
|
VIII.
Penilaian
ü Teknik :
Tes
ü Bentuk Instrument :
Uraian non-obyektif
IX.
Sumber/ Bahan
ü Sumber
Ø Sutinah, Entin. 2010. Get
Along with English. Bandung: Erlangga
ü Bahan
Ø Presensi
Ø Picture
Ø Group’s Worksheet
Ponorogo, 28 Oktober 2018
Mengetahui,
Guru Pamong
|
Nama Mahasiswa
|
Fariz Fuad Zubaidah, S. Pd
|
Siti Nurul Khotimah
|