EVALUASI MANAJEMEN PENDIDIKAN

    evaluasi manajemen
    1. Pengertian Evaluasi

    Secara harfiah, evaluasi barasal dari bahasa inggris, evaluation, yang mempunyai arti penilaian dan penaksiran. Sedangkan dalam bahasa Arab, Imtihan, yang berarti Ujian, dan Khataman yang berarti cara menilai hasil ahir dari proses kegiatan atau organisasi.Sedangkan secara Istilah, menurut Omar Hamalik evaluasi adalah, sebagai suatu proses penaksiran terhadap kemajuan, pertumbuhan dan perkembangan peserta didik (murid) untuk tujuan pendidikan.

    Menurut Roestiyah, evaluasi adalah proses memahami atau member arti, mendapatkan dan mengomunikasikan suatu informasi bagi petunjuk pihak-pihak pengambil keputusan.Evaluasi adalah, kegiatan mengumpulkan data seluar-luasnya yang bersangkutan dengan kapabilitas siswa guna mengetahui sebab-akibat dan hasil belajar peserta didik yang dapat mendorong dan mengembangkan kemampuan belajar peserta didik.
    2. Tujuan Evaluasi

    Secara umum, tujuan evaluasi pendidikan ada dua;
    Pertama, Untuk menghimpun berbagai keterangan yang akan dijadikan sebagai bukti perkembangan yang dialami oleh para peserta didik setelah mereka mengikuti proses pembelajaran dalam jangka waktu tertentu. 

    Kedua, Untuk mengetahui tinkat efektifitas dari berbagai metode pembelajaran yang telah digunakan dalam proses pembelajaran. 

    3. Prinsip-Prinsip Evaluasi
    • Valid Evaluation, mengukur dengan alat yang sesuai dengan fungsinya.
    • Berorientasi kepada kepada kompetensi dengan berpijak pada kompetensi.
    • bermakna evaluasi, mempunyai arti yang signifikan dan mudah dipahami.
    • Terbuka
    • Ihklas evaluasi, untuk kepentingan peserta didik.
    • Pratis evaluation; menghemat waktu dan mudah.
    • Akurat, sesuai prosedur.


    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel