RPP Bahasa Indonesia. PKn. Matematika. SD/MI

RPP SD/MI
RPP
Satuan Pendidikan       : SD Muhammadiyah 16 Surabaya
Kelas / Semester          : 1 / 1
Tema / Sub Tema / PB : Keluarga / Keluarga Besarku / 1
Alokasi waktu              : 6 x 35 Menit (1 Pertemuan)

    A.     Kompetensi Inti (KI)
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetik, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

   B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4  Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis  yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator:
3.4.1 Mengidentifikasi anggota keluarga besar berdasarkan teks.
3.4.2  Membaca teks tentang keluarga besar
4.4.1  Memberi tanggapan terhadap gambar kegiatan keluarga besar


Matematika
3.2   Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda­benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.3   Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari­hari serta memeriksa kebenarannya
Indikator:
3.2.1  Menyatakan bilangan 11 sampai dengan 20 melalui teknik nilai tempat
4.3.1  Menyelesaikan soal penjumlahan


PKn
3.3  Mengenal keberagaman karateristik individu di rumah dan di sekolah
4.4  Mengamati dan menceriterakan keberagaman karateristik individu di rumah dan sekolah
Indikator:
3.3.1  Menyebutkan anggota keluarga besar
3.3.2  Memasangkan gambar dan nama anggota keluarga besar
4.4.1  Menceritakan pengalaman dalam mengikuti kegiatan di keluarga besar.

   C.     Materi Pembelajaran
·         Teks tentang keluarga besar
·         Soal penjumlahan

   D.     Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Guru memberi salam kepada siswa
·         Siswa berdoa dipimpin oleh teman sebaya berdasarkan nomor urut
·         Guru menyapa siswa
·         Guru mengajak siswa menyanyikan yel-yel kelas agar bersemangat
·         Guru memberikan motivasi kepada siswa
15 menit
Kegiatan Inti
·         Siswa mendengarkan cerita yang dibacakan guru.
·         Siswa diingatkan kembali mengenai  anggota keluarga selain ayah, ibu, kakak, dan adik.
·         Siswa diminta mengamati gambar yang terdapat dalam buku siswa.
·         Siswa diajak berdiskusi mengenai isi gambar.
·         Siswa diminta memberikan tanggapan mengenai isi gambar secara bergiliran.
·         Rangkum  jawaban siswa dan ajak siswa untuk membuat kesimpulan dari gambar yang telah diamati.
·         Jika siswa sudah memperoleh kesimpulan bahwa topik diskusi adalah mengenai keluarga besar, maka tanyakan pada siswa siapa saja keluarga yang dikenal selain ayah, ibu, kakak, atau adik.
·         Siswa mengamati kartu kosakata anggota keluarga besar yang diperlihatkan guru.
·         Siswa membaca nyaring kata­kata pada kartu yang diperlihatkan guru.
·         Siswa memasangkan kartu kosakata dengan kartu gambar secara berkelompok.
·         Siswa diminta menceritakan anggota keluarga besar yang siswa ketahui.
·         Guru menyampaikan bahwa dengan semakin banyak keluarga yang dimiliki merupakan suatu hal yang patut disyukuri.
·         Siswa diminta mengerjakan latihan di buku siswa.
·         Selanjutnya siswa diminta mengamati berbagai benda sebagai alat bantu berhitung.
·         Siswa diminta menghitung jumlah dua bilangan yang diberikan oleh guru dengan bantuan benda, contohnya 11 + 5.
·         Siswa diperkenalkan tabel nilai tempat sebagai alat bantu yang dapat digunakan dalam melakukan operasi hitung.
·         Siswa diperkenalkan arti dari kata satuan dan puluhan.
·         Aplikasikan penggunaan tabel nilai tempat untuk menghitung jumlah dua bilangan yang diberikan oleh guru.
·         Siswa berlatih penjumlahan di buku siswa.
180 menit
Penutup
·         Guru mengulas kembali pembelajaran hari ini
·         Guru menanyakan kepada siswa apa saja yang telah dipelajari hari ini
·         Siswa menjawab pertanyaan guru secara bergantian dan perwakilan
·         Guru memberikan kesimpulan tentang pembelajaran hari ini
·         Guru menutup pembelajaran dengan kata motivasi
·         Pembelajaran diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh siswa
·         Siswa pulang secara tertib dan bersalaman kepada guru
15 menit

   E.     Tehnik Penilaian
2.  Penilaian Pengetahuan; tes tertulis berupa worksheet


  F.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
·      Kartu kosakata bergambar ayah, ibu, nenek, kakek, paman, dan bibi.
     Tabel nilai tempat


Refleksi Guru
.............................................................................................................................................................

Surabaya, .........................................2017
Kepala Sekolah




Maulana Muhammad
NBM
Guru kelas 1




Ira Nurmasari, S.T.
NBM




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel