RPP Bahasa Indonesia. PKn. Matematika. SD/MI
Wednesday, December 11, 2019
RPP SD/MI
Kelas /
Semester : 1 / 1
Tema / Sub
Tema / PB : Keluarga / Keluarga Besarku /
1
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya yang estetik, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal
teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang
keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian
Indikator:
3.4.1 Mengidentifikasi
anggota keluarga besar berdasarkan teks.
3.4.2 Membaca teks
tentang keluarga besar
4.4.1 Memberi
tanggapan terhadap gambar kegiatan keluarga besar
Matematika
3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan
menggunakan bendabenda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.3 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri
dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan
terkait dengan aktivitas seharihari serta memeriksa kebenarannya
Indikator:
3.2.1 Menyatakan
bilangan 11 sampai dengan 20 melalui teknik nilai tempat
4.3.1 Menyelesaikan
soal penjumlahan
PKn
3.3 Mengenal keberagaman karateristik individu di
rumah dan di sekolah
4.4 Mengamati dan menceriterakan keberagaman
karateristik individu di rumah dan sekolah
Indikator:
3.3.1 Menyebutkan
anggota keluarga besar
3.3.2 Memasangkan
gambar dan nama anggota keluarga besar
4.4.1 Menceritakan
pengalaman dalam mengikuti kegiatan di keluarga besar.
C.
Materi
Pembelajaran
·
Teks tentang keluarga besar
·
Soal penjumlahan
D.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru memberi salam kepada siswa
·
Siswa berdoa dipimpin oleh teman sebaya berdasarkan
nomor urut
·
Guru menyapa siswa
·
Guru mengajak siswa menyanyikan yel-yel kelas agar
bersemangat
·
Guru memberikan motivasi kepada siswa
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
|
·
Siswa mendengarkan cerita yang dibacakan guru.
·
Siswa diingatkan kembali mengenai anggota keluarga selain ayah, ibu, kakak,
dan adik.
·
Siswa diminta mengamati gambar yang terdapat dalam buku
siswa.
·
Siswa diajak berdiskusi mengenai isi gambar.
·
Siswa diminta memberikan tanggapan mengenai isi gambar
secara bergiliran.
·
Rangkum jawaban
siswa dan ajak siswa untuk membuat kesimpulan dari gambar yang telah diamati.
·
Jika siswa sudah memperoleh kesimpulan bahwa topik
diskusi adalah mengenai keluarga besar, maka tanyakan pada siswa siapa saja
keluarga yang dikenal selain ayah, ibu, kakak, atau adik.
·
Siswa mengamati kartu kosakata anggota keluarga besar
yang diperlihatkan guru.
·
Siswa membaca nyaring katakata pada kartu yang
diperlihatkan guru.
·
Siswa memasangkan kartu kosakata dengan kartu gambar
secara berkelompok.
·
Siswa diminta menceritakan anggota keluarga besar yang
siswa ketahui.
·
Guru menyampaikan bahwa dengan semakin banyak keluarga
yang dimiliki merupakan suatu hal yang patut disyukuri.
·
Siswa diminta mengerjakan latihan di buku siswa.
·
Selanjutnya siswa diminta mengamati berbagai benda
sebagai alat bantu berhitung.
·
Siswa diminta menghitung jumlah dua bilangan yang
diberikan oleh guru dengan bantuan benda, contohnya 11 + 5.
·
Siswa diperkenalkan tabel nilai tempat sebagai alat
bantu yang dapat digunakan dalam melakukan operasi hitung.
·
Siswa diperkenalkan arti dari kata satuan dan puluhan.
·
Aplikasikan penggunaan tabel nilai tempat untuk
menghitung jumlah dua bilangan yang diberikan oleh guru.
·
Siswa berlatih penjumlahan di buku siswa.
|
180 menit
|
Penutup
|
·
Guru mengulas kembali pembelajaran hari ini
·
Guru menanyakan kepada siswa apa saja yang telah
dipelajari hari ini
·
Siswa menjawab pertanyaan guru secara bergantian dan
perwakilan
·
Guru memberikan kesimpulan tentang pembelajaran hari
ini
·
Guru menutup pembelajaran dengan kata motivasi
·
Pembelajaran diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh
siswa
·
Siswa pulang secara tertib dan bersalaman kepada guru
|
15 menit
|
E.
Tehnik
Penilaian
2. Penilaian
Pengetahuan; tes tertulis berupa worksheet
F.
Media, Alat,
dan Sumber Pembelajaran
· Kartu
kosakata bergambar ayah, ibu, nenek, kakek, paman, dan bibi.
•
Tabel nilai tempat
Refleksi Guru
.............................................................................................................................................................
Surabaya,
.........................................2017
Kepala Sekolah
Maulana Muhammad
NBM
|
Guru kelas 1
Ira Nurmasari, S.T.
NBM
|