Kendala-Kendala Yang Dialami Santri Baru Di Pondok Pesantren

Sanri Kecil Pulang Mengaji
Sebagai seorang tua merasa bangga jika memiliki anak yang belajar di pondok pesantren, apalgi di pesantren itu sudah terjamin keselamatanya dalam pergaulanya dan angah-unguh (jawa) soapan santun. Namun setiap pondok pesantren pasti memiliki cara atau metode dalam mendidik santi-santrinya, ada yang ketat ada yang santai (tergantung dari jenis pondoknya).

Mngapa tergantung dari pondoknya? Karena pondok pesnatren saat ini sudah memebedakan jenis kelamin dan tingkatan umurnya agara yang muda dapat menhormati kepada yang lebih tua dan yang tua tetap menjaga pergaulanya dengan yang kecil. Karena umur lah orang dapat berfikir untuk memilah mana yang seharusnya dilakukan dan mana yang dilarang. 

Tapi masih ada pondok yang belum tersentuh dengan budaya moderen sama sekali dan masih mempertahankanay budaya pondok yang sangat salaf (klasik), bahakan sudah menjadi ciri khasnya, namun ketika terjun kemasyarakat mampu menhadapi dan menyelesaikan permasalahnya.

Santri Putri Sedang Mengaji
Oleh sebab itu maka kami akan memebrikan tips-tips bagaiman agar supaya betah tinggal di Pondok Pesantren pada link berikut ini. Tips Nyaman Di Pondok Pesantren Namun pada artikekel ini kami hanya memberikan paparan tentang kendala-kendala yang sering di hadapi santri baru, berikut ini kendala-kendala yang biasa dihadapinya; 


1.         Sulit beradaptasi dan bergaul.
2.       Ingat keluarga di rumah.
3.       Kamar terlalu banyak penghuni.
4.        Banyak kegiatan sehari-hari yang harus antri.
5.       Kehilangan barang.
6.       Ada teman yang nakal.

Untuk solusi dari kendala yang dihadapi silahkan lihat di beranda pada web ini. Terimakasih..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel