RPP BAHASA INGGRIS KELAS XI
Sunday, March 11, 2018
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
pendidikan : SMA
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : XI (dua belas)
Semester : 2 (genap)
Pertemuan
Ke : 8.1
Alokasi waktu : 2x48
menit
I.
Standar kompetnsi
SK
8. Mendengarkan
Memahami
makna dalam teks funsional pendek dan menolong yang berbentuk narative dan
riview dalam kontek kehidupan sehari-hari.
II.
Kompetensi dasar
SK
8.1 Mendengarkan
Merespon
makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang mengunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam kontek kehidupan
sehari-hari.
III.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
-
Mengidentifikasikan
makna pada teks resmi dan tidak resmi yang diberikan.
-
Menemukan
informasi yang terkandung didalam teks resmi dan tidak sesmi yang diberikan
-
Menganalisis
unsur-unsur peyusunan teks resmi dan tidak resmi.
IV.
Tujuan Pembelajaran
Diahir
pelajaran siswa dapat:
1.
Mampu
merespon makna berbentuk resmi dan tidak resmi yang diberikan.
2.
Mampu
menemukan informasi yang terkandung dalam teks resmi dan tidak resmi.
3.
Menganalisis
unsur-unsur penyusunan teks resmi dan tidak resmi.
V.
Materi Pembelajaran
Ten
years ago the word “hacking” didn’t (a)_______________________ anyone. I think
it meant cutting something very roughly. Now we all need
(b)_______________________ of hacking. It is a big problem.
VI.
Metode pembelajaran
Approach : Comunicative Approach
Method
: Comunicative Laguage Teaching
Tecnique : listening for Perception
VII.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
waktu
|
A.
Kegiatan
Awal
1.
Memberi
salam
2.
Berdoa
3.
Lerning
quistions
4.
Menyampaikan
kegiatan pembelajaran
|
10 menit
|
B.
Kegiatan
inti
Ekplprasi
-
Guru
menayakan apa makna Hacking
-
Guru
menjelaskan apa makna Hacking
-
Guru
memintak siswa untuk mengamati Hacking
Elaborasi
-
Guru
memintak siswa mendengarkan teks berjudul Hacking dan siswa:
·
Mengidentifikasi
kata dan makna kata yang mendengarkan
·
Menunjukan
mana teks resmi dan tidak resmi
·
Membedakan
mana teks yang resmi dan tidak resmi
·
Mengidentifikasi
tujuan teks yang didengarkan
Konfirmasi
-
Guru
memintak siswa untuk menjelaskan main idea, informasi rinci tersebut dan
tujuan komunikasi dari tek yang didengarkan.
-
Guru
memintak siswa untuk menjawab sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan yang
telah didengarkan
-
Guru
memintak siswa untuk menceritakan kembali mengunakan versi bahasa inggris siswa
sendiri.
-
Guru
memintak siswa menyusun teks mana yang resmi dan tidak resmi.
|
20 menit
|
C.
Kegiatan
Ahir
-
Membahas
bersama-sama materi yang telah dijawab siswa tadi
-
Mengajak
siswa menyimpulkan materi
-
Refleksi
-
Review
materi
-
Memberi
motifasi
-
Doa
penutup
-
Salam
|
10 menit
|
VIII.
Penilaian
-
Indikator
pencapaian
-
Kompetisi
teknis
-
Bentuk
tagihan teknis
-
Mengidentifikasi
kata dan makna kata dalam tek yang di dengar
-
Mengidentifikasi
informasi rinci tersurat yang didengar
-
Mengidentifikasi
tujuan komunikasi teks yang didengar, paper and tes multiple choice tertampil
-
Teknisnnya
mengisi mising words berdasarkan dialok yang diperdengarkan.
IX.
Sumber/Bahan/Alat
-
Alat/bahan
· Sound sistem, kertas, komputer dan laboratorium.
-
Sumber
belajar
· LKS Bahasa Inggris SMA kelas XXI.
· Kamus inggris-indonesia karangan jhon echols.
Ponorogo, 17 januari 2013
Mengetahui
|
|
Kepala SMA
|
Guru mata
Pelajaran
|
_________________
|
_________________
|
Nip.
|
Nip .
|