proposal penelitian kualitataif untuk Tesis


SISTEMATIKA PROPOSAL PENELITIAN KUALITATIF


 
I         PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah
B.      Fokus Penelitian
C.      Rumusan Masalah
D.     Tujuan Penelitian
E.      Manfaat Penelitian

II.              STUDI PUSTAKA
A.      Penelitian Terdahulu
B.      Landasan Teoritis

III.             METODE PENELITIAN
A.      Alasan Menggunakan Metode Kualitatif
B.      Tempat Penelitian
C.      Sampel Sumber Data Penelitian
D.     Teknik Pengumpulan Data
E.      Teknik Analisis Data
F.       Rencana Pengujian Keabsahan Data

IV.             JADWAL PENELITIAN

V.               ORGANISASI PELAKSANA PENELITIAN

VI.              BIAYA PENELITIAN

Penjabaranya sebagai berikut:
 

I.                    PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah
Masalah merupakan penyimpangan antara yang diharapkan dengan yang terjadi, penyimpangan antara teori dan praktek, penyimpangan antara aturan dan pelaksanaan, penyimpangan antara tujuan dan hasil yang dicapai. Masalah-masalah yang timbul tersebut tentu ada yang melatarbelakanginya, ada persoalan yang mendasari timbulnya permasalahan tersebut.
Dalam latar belakang masalah ini perlu dikemukakan gambaran keadaan yang sedang terjadi selanjutnya dikaitkan dengan peraturan/ kebijakan, perencanaan, tujuan, teori, pengalaman sehingga Nampak kesenjangan yang muncul sebagai masalah.
B.      Fokus Penelitian
Focus penelitian ini merupakan batasan masalah. Karena adanya keterbatasan, baik tenaga, dana, dan waktu, dan supaya hasil penelitian lebih terfokus maka peneliti tidak akan melakukan penelitian terhadap keseluruhan yang ada pada obyek atau situasi social tertentu, tetapa akan menentukan focus.
Pada penelitian kualitatif, penentuan focus berdasarkan hasil studi pendahuluan, pengalaman, referensi, dan yang disarankan oleh pembimbing atau seorang yang ahli dalam penelitian. Focus dalam penelitian kualitatif ini juga bersifat sementara dan masih akan berkembang setelah peneliti berada di lapangan.
C.      Rumusan Masalah
Rumusan masalah merupakan pertanyaan penelitian, yang jawabannya dicarikan dalam penelitian. Rumusan masalah ini merupakan panduan awal bagi peneliti untuk penjelajahan pada obyek yang akan diteliti.
Rumusan masalah dalam penelitian kualitatif tidak terkait dengan variable penelitian yang bersifat spesifik, tetapi lebih makro dan berkaitan dengan kemungkinan apa yang terjadi pada obyek/ situasi social penelitian tersebut.
D.     Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian secara umum adalah untuk menemukan, mengembangkan, dan membuktikan pengetahuan. Secara khusus, tujuan penelitian kualitatif adalah menemukan jawaban dari maslah yang ada pada obyek atau situasi social. Tujuan penelitian terkait dengan rumusan masalah yang telah ditetapkan. Misalnya, rumusan masalahnya adalah; “Bagaimanakan kinerja Guru setelah diberlakukannya FDS dalam Lembaga X”, maka tujuannya berbunyi: “Untuk mengetahui kinerja para guru setelah diberlakukannya FDS dalam lembaga X”.
E.      Manfaat Penelitian
Manfat penelitian bisa bersifat teoritis maupun praktis. Untuk penelitian kualitatif, manfaat penelitian lebih bersifat teoritis, yaitu untuk pengembangan ilmu, namun juga tidak menolak manfaat praktisnya. Bila teori sudah ditemukan maka akan berguna untuk menjelaskan, memprediksikan, dan menegndalikan suatu gejala.

II.                  STUDI KEPUSTAKAAN
Terdapat tiga criteria terhadap teori yang digunakan sebagai landasan dalam penelitian, yaitu relevansi, kemutakhiran, dan keaslian. Relevansi berarti teori yang dikemukakan sesuai dengan masalah yang diteliti. Kemutakhiran terkait dengan kebaruan teori atau referensi yang digunakan. Keaslian terkait dengan keaslian sumber, supaya peneliti menggunakan sumber aslinya dalam mengemukakan teori.

III.                METODE PENELITIAN
a.      Alasan Menggunakan Metode Kualitatif
Pada umumnya alasan menggunakan metode kualitatif karena permasalahan belum jelas, holistic, kompleks, dinamis, dan penuh makna sehingga tidak mungkin data pada situasio social tersebut didapatkan dengan metode kuantitatif.
b.      Tempat Penelitian
Place atau tempat situasi social terjadi yang menjadi obyek penelitian. Misalnya di Sekolah, Perusahaan, Desa, Rumah, dan sebagainya.
c.       Instrument Penelitian
Dalam penelitian kualitatif, yang menjadi instrument utama adalah peneliti itu sendiri atau anggota tim peneliti.
d.      Sampel Sumber Data
Dalam penelitian kualitatif, sampel sumber data dipilih secara purposive dan bersifat snowball sampling. Sampel sebagai sumber data atau sebagai informan sebaiknya memenuhi criteria sebagai berikut:
(1)   Informan menguasai atau memehami sesuatu melalui proses enkulturasi sehingga tahu dan bisa menghayatinya.
(2)   Informan masih sedang berkecimpung atau terlibat dalam kegiatan yang diteliti
(3)   Informan mempunyai waktu yang memadai untuk dimintai informasi.
(4)   Informan yang obyektif dalam memberikan informasi, sehingga yang disampaikan fakta bukan opini.
(5)   Informan bisa memberikan pintu untuk dapat menggali informasi yang lebih luas dan dalam.
e.      Teknik Pengumpulan Data.
Teknik pengumpulan data yang utama adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, studi dokumentasi, dan gabungan ketiganya atau triangulasi.
f.        Teknik Analisis Data
Analisis data menurut Miles and Huberman dilakukan secara intensif melalui proses reduksi data, display data, dan verifikasi. Sedangkan menurut Spradley dilakukan secara berurutan melalui proses analisis domain, taksonomi, komponensial, dan tema budaya.
g.      Rencana Pengujuan Keabsahan Data
Uji keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas data, depenabilitas data, transferabilitas, dan konfirmabilitas.

IV.                JADWAL PENELITIAN
Jadwal Penelitian meliputi, salah satu contoh:
A.      Penyusunan Proposal
B.      Diskusi Proposal
C.      Memasuki lapangan, grand tour, minitour question, analisis domain
D.     Menentukan focus, minitour question, analisis taksonomi
E.     Tahap seleksi, structural question, analisis komponensial
F.      Menentukan Tema, analisis tema
G.     Uji keabsahan data
H.     Membuat draft laporan penelitian
I.        Diskusi draft penelitian
J.       Penyampaian laporan

V.                  ORGANISASI PENELITIAN
Organisasi penelitian perlu dikemukakan apabila penelitian dilakukan oleh Tim. Bila dilakukan oleh perorangan maka tidak perlu dicantumkan organisasi penelitian.

VI.                PEMBIAYAAN
Biaya dalam penelitian memang harus dipersiapkan. Bila penelitian itu dilakukan oleh suatu lembaga maka biaya perlu disampaikan, tetapi bila dilakukan untuk penyusunan skripsi, tesis, atau desertasi tentu tidak perlu mencantumkan biaya dalam proposal penelitian.






REFERENSI
1. Arikunto. thun 2015



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel